Membangun pitch deck yang sempurna untuk bisnis anda


Maximilian Fleitmann, sebuah Organisasi Pengusaha (EO) anggota yang berbasis di Rhine-Ruhr, Jerman, adalah CEO dari Template Dasar dan Mitra di Richmond View Ventures. Dia telah mengumpulkan modal ventura untuk bisnis start-up nya dan membantu ratusan pendiri menyusun pitch deck dan strategi penggalangan dana mereka, serta berinvestasi sebagai malaikat bisnis. Ia menjelaskan tentang bagaimana cara membuat dek pitch yang sempurna untuk perusahaan kepada beberapa pendiri perusahaan:

“ Selama karier saya, saya mempromosikan bisnis saya ratusan kali, terkadang kepada teman dan keluarga, terkadang kepada pelanggan, dan terkadang kepada calon investor. Saya bisa melakukan ini dalam tidur saya. Seiring waktu, saya telah menyempurnakan setiap kata yang saya ucapkan setidaknya dua puluh kali. “

Maximillian Fleitmann membagikan empat langkah cepat untuk membangun pitch deck yang sempurna menurut pengalamannya: 

1. Identifikasi inti bisnis anda

Sebagai seorang pengusaha, anda tahu bisnis anda yang terbaik. Tapi pernahkah anda berpikir tentang bagaimana anda bisa menjelaskannya kepada seseorang dengan cara yang paling sederhana dan sekaligus membuat mereka bersemangat?

Langkah pertama dalam menciptakan pitch deck yang sempurna adalah mengidentifikasi informasi penting sehingga seseorang yang belum pernah mendengar tentang bisnis anda akan memahaminya. Ini harus menjadi segalanya mulai dari masalah yang anda pecahkan hingga solusi anda dan alasan mengapa pelanggan anda menyukainya.

Untuk memulai, saya mengambil selembar kertas dan menuliskan semua yang muncul di pikiran saya dengan cara yang tidak terstruktur. Kemudian saya mencoret hal-hal yang tidak penting dan mengaturnya.

2. Ceritakan sebuah cerita

Dengan pitch deck anda, anda memiliki kesempatan untuk menceritakan perjalananmu sebagai seorang pengusaha dan ungkapkan bagaimana Anda membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Setiap kali Maximillian Fleitmann mendirikan bisnis, itu karena ia melihat masalah dalam hidup diri dia sendiri atau seseorang yang dekat dengan dirinya. Maximillian Fleitmann selalu mencoba mengambil momen ini dan menunjukkannya di lapangan. Misalnya, ketika ia dapat berbicara tentang beberapa tantangan besar dan bagaimana ia melalui banyak pasang surut untuk akhirnya menyelesaikannya. Dan anda dapat menutup dengan status quo perusahaan anda yang menunjukkan bagaimana anda menambahkan nilai nyata kepada pelanggan anda.

Ia juga mendorong anda untuk membaca tentang perjalanan pahlawan. Ini adalah struktur yang digunakan di sebagian besar film modern, dan anda dapat belajar banyak darinya yang dapat anda sesuaikan untuk pitch deck anda.

3. Ikuti struktur yang dikenal

Ketika ia membangun deck pitch pertamanya pada tahun 2013, Maximillian Fleitmann tidak tahu apa yang harus disertakan. Ia membuat slide acak dan desainnya tidak ideal. Yang membantu dirinya menjadi lebih baik adalah belajar pitch deck dari perusahaan lain. Ada beberapa koleksi di web tempat anda dapat mencoba memahami jenis slide dan perusahaan pesan seperti AirBnB atau Shopify yang digunakan untuk mempresentasikan bisnis mereka. Anda juga bisa merasakan seperti apa desain yang luar biasa itu.

Struktur paling umum untuk pitch deck sekarang adalah:

1. Judul slide (Apa nama dan klaim perusahaan anda?)

2. Slide masalah (Masalah apa yang anda pecahkan?)

3. Slide solusi (Apa solusi anda untuk masalah ini?)

4. Slide produk (Seperti apa tampilan dan rasa produk anda?)

5. Slide USP / Pelanggan (Mengapa pelanggan menyukai produk atau layanan anda?)

6. Model Bisnis / Slide Harga (Bagaimana anda menghasilkan uang?)

7. Perosotan pasar (Seperti apa pasar tempat anda berada?)

8. Slide kompetisi (Apa pesaing utama anda dan bagaimana anda membedakannya?)

9. Slide traksi (Apa yang telah anda capai sejauh ini?)

10. Slide tim (Siapa anggota tim utama anda dan mengapa mereka tepat untuk pekerjaan itu?)

11. Slide kontak (Bagaimana seseorang dapat menghubungi anda?)

Bergantung pada audiens anda, anda harus menyesuaikan strukturnya dan meninggalkan slide yang tidak anda perlukan atau menambahkan slide (misalnya kutipan pelanggan, peta jalan) dengan informasi tambahan.

4. Tetap singkat

Kebanyakan presentasi perusahaan dan pitch deck yang ia lihat terlalu panjang. Puluhan slide dan dinding teks bukanlah hal yang dicari investor, pelanggan, atau siapa pun. Sebuah pitch deck yang bagus hanya mencakup informasi terpenting dalam 10 hingga 15 slide. Informasi itu harus cukup untuk memahami tentang bisnis anda dan mengapa itu istimewa.

Maximillian Fleitmann melakukan ini dengan membuat versi pertama dan kemudian mengulanginya setidaknya tiga kali. Dengan setiap iterasi, ia memaksa diri untuk menghapus setidaknya 20 persen konten. Dengan trik ini, ia mengakhiri dengan versi pendek dan komprehensif dari deck nya


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghasilkan Uang Dengan Fotografi

Pentingnya Anggaran Untuk Kehidupan Anda